Hari rasanya sangat cepat berlalu. Tugas selalu menumpuk, seperti tidak ada habisnya. Istirahat pun dirasa tidak pernah cukup.
Jika
merasa seperti ini, artinya dibutuhkan pengelolaan waktu yang cermat.
Fenomena ini biasanya dialami pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja,
atau memiliki aktivitas padat di luar kegiatan belajar mengajar.
Menghadapi
kondisi demikian, dibutuhkan sikap yang sigap, mengontrol waktu dengan
tepat, dan kelolalah hidup sebaik-baiknya. Semuanya bisa diselesaikan
dengan baik, asalkan tahu caranya.
Berikut tipsnya, seperti disadur
dari White House Initiative on Educational Excellence, Selasa (9/10/2012).
1. Buat daftar apa yang perlu dilakukan hari ini.
Urutkan
kegiatan dan apa yang akan dilakukan hari ini dari yang terpenting.
Lebih gampang jika dicatat di sebuah buku dengan ukuran yang tidak
terlalu besar, yang bisa dengan mudah dibawa kemana pun.
2. Gunakan waktu senggang dengan bijak.
Misalnya
saat di bus, kereta atau saat menunggu jam kuliah. Manfaatkan dengan
istirahat, membaca buku atau mencicil tugas lainnya.
3. Jangan sungkan bilang tidak.
Jika ada teman mengajak berbelanja atau bolos kuliah, jangan sungkan bilang tidak. Utamakan kegiatan prioritasmu.
4. Bila perencanaanmu gagal di tengah hari, segera ubah strategi.
Misalkan
ada mata kuliah yang kosong, bisa langsung susun ulang jadwalmu.
Utamakan agenda yang telah disusun. Jangan membuang waktu, misalkan
nongkrong bersama teman dengan tujuan yang tidak jelas.
5. Lihat ulang jadwal.
Jika
satu pekerjaan sudah diselesaikan dengan baik, maka lihatlah kembali
catatanmu. Apa yang perlu dilakukan selanjutnya. Cek kemungkinan poin
yang terlewatkan.
6. Jangan malas.Kalau
kamu mendadak sangat kelelahan, istirahatlah sejenak. Tetapi, bukan
berarti kamu bisa bermalas-malasan dan justru mengacaukan jadwal. Tetap
mawas diri, bedakan lelah dan malas.
7. Komunikasikan jadwal yang padat dengan baik.
Karena
kesibukanmu, bisa saja teman mencap dirimu sebagai 'miss sibuk' atau
'miss sombong'. Beritahu dengan sopan bahwa ada kesibukan atau tuntutan
pekerjaan yang harus ditunaikan, demi kelancaran kuliah.
8. Jadi mandor yang baik.
Pimpinlah
diri sendiri dengan baik. Jika memang membutuhkan liburan atau
istirahat sejenak, maka lakukanlah. Misalnya, dalam satu minggu sekali
pergilah ke toko buku, atau nonton bersama teman.
9. Jangan berkubang dalam kegalauan.
Pernahkan bergadang semalaman suntuk hanya untuk
bergalau ria?
Misalnya, mempertanyakan hidup yang serba sulit? Jika iya, buang
kebiasaan buruk ini. Merenunglah secukupnya dengan cari solusi yang
tepat. Jika persoalanmu sangat berat. Ajaklah sahabat atau saudara untuk
membantu memecahkan masalah.
10. Berpikirlah secara realistis.
Jangan pernah berpikir akan gagal. Tentukan tujuan dan cara untuk mencapainya secara realistis dan mudah untuk menggapainya.
sumber : kampus.okezone.com
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "tips mudah memanage waktu"
Post a Comment