Banyak orang yang merasa kesulitan menjaga
keseimbangan antara karir dengan kehidupan sosialnya. Sebagian besar mengaku
tidak memiliki waktu yang cukup untuk sekadar minum kopi dan bersantai bersama
teman karena terlalu sibuk bekerja. Dikutip dari situs Mag for Woman, ada
beberapa tips yang bisa diikuti agar kesibukan Anda bekerja, tidak membuat Anda
kehilangan teman karena dianggap sombong. Apa saja? Yuk, simak berikut ini.
1. Membuat Jadwal
Jadwal perlu dibuat untuk mengukur seberapa
lama pekerjaan Anda dapat dikerjakan, menerapkan deadline kapan harus selesai,
dan kapan harus melakukanpekerjaan yang lain. Ini juga termasuk jadwal kapan
Anda bekerja dan membagi waktu untuk teman-teman Anda. Jadwal ini dapat dibuat
harian atau mingguan. Bersikaplah bijaksana untuk kedua kegiatan tersebut.
2. Mengatur Waktu
Jika sudah berhasil membuat jadwal, sekarang
waktunya Anda untuk mengaplikasikannya. Tentunya hal ini tidak semudah
merencanakan sesuatu. Tetapi Anda harus ingat tujuan awal, yaitu menyeimbangkan
kehidupan profesional dengan kehidupan sosial. Anda harus mampu mengatur waktu
sebaik mungkin dan memastikan semua jadwal selesai sesuai dengan waktu yang
ditentukan. Buatlah to-do-list atau catatan penting untuk kegiatan yang harus
mendapat perhatian penting. Bijaklah dalam mengatur waktu.
3. Menerapkan
Prioritas
Ketika dihadapkan pada dua keadaan,
menyelesaikan pekerjaan di kantor atau menghadiri kegiatan sosial, buatlah
prioritas. Terkadang, tidak masalah ketika Anda harus menunda pekerjaan di
kantor untuk menghadiri undangan kegiatan sosial jika dirasa hal tersebut lebih
penting, dan sebaliknya. Pastikan semua keputusan yang diambil sudah melalui
pertimbangan-pertimbangan yang matang.
4. Jangan Terlalu
Bekerja Keras
Jika Anda terus-menerus berada dibawah tekanan
kerja dan tidak dapat mengambil waktu untuk mengerjakan hal lain, sekarang
saatnya mengambil sikap untuk pekerjaan Anda. Kumpulkan keberanian untuk
mengatakan 'tidak' untuk beberapa tugas ketika pekerjaan sudah menumpuk. Ambil
waktu untuk beristirahat. Pergilah berlibur dan pastikan Anda tetap berhubungan
dengan teman dan keluarga.
5 Hindari
Membuang Waktu
Ada beberapa kegiatan yang dapat membuang
waktu Anda dengan percuma dan benar-benar tidak dapat menambah nilai tambah
untuk kehidupan Anda. Kegiatan semacam itu hanya dapat dilakukan jika tidak
memiliki kegiatan lain.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "tips agar tidak dianggap sombong meski sibuk bekerja"
Post a Comment